Manfaat Pendekatan Sistem Dalam Pembelajaran

Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara pendidik dengan peserta didik, dalam proses pembelajaran yang baik tentu diperlukan sebuah perencanaan yang matang. Salah satunya yaitu merencanakan sebuah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistem.
Sistem merupakan satu kesatuan yang utuh, dimana satu kesatuan yang utuh tersebut saling berhubungan satu sama lain. Artinya saling membutuhkan satu sama lain demi mencapai suatu tujuan. Misalnya manusia. Manusia sebagai suatu sistem, karena mansia memiliki komponen-komponen tertentu yang satu sama lain saling berkaitan. Dalam tubuh manusia, ada komponen mata, hidung, mulut, tangan, kaki, dan lain sebagainya. Hidung berfungsi untuk mencium, telinga untuk mendengar, mata untuk melihat dan lain sebagainya. Manakala hidung terasa sakit atau nyeri bukan hanya hidung yang terasa nyeri akan tetapi seluruh tubuh akan ikut sakit yang berarti akan berpengaruh terhadap sistem tubuh secara keseluruhan.
Jadi kalau demikian, Sistem dapat diartikan sebagai satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Dari konsep tersebut, ada tiga ciri utama suatu sistem. Pertama, suatu sistem memiliki tujuan tertentu; Kedua, untuk mencapai tujuan suatu sistem memiliki fungsi masing-masing; Ketiga, untuk menggerakkan fungsi, suatu sistem harus ditunjang oleh berbagai komponen.
Manfaat pembelajaran dengan meggunakan pndekatan sistem memiliki beberapa manfaat, dianataranya:

Pertama, melalui pendekatan sistem, arah dan tujuan pembelajaran dapat direncanakan dengan jelas. mengajar adalah proses yang bertujuan. mau dibawa kemana siswa? Apa yang harus mereka lakukan dalam proses pembelajaran? Semuanya tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Melalui tujuan itulah kita dapat menetapkan arah dan sasaran dengan pasti.
Dapat kita bayangkan apa yang akan terjdi, manakala dalam suatu proses pembelajaran tanpa adanya tujuan yang jelas. Tentu, proses pembelajaran tidak akan menjadi fokus, dalam arti pembelajaran akan menjadi tidak bermakna serta sulit menentukan efektivitas proses pembelajaran.

Kedua, pendekatan sistem menentukan guru pada kegiatan yang sistematis. Berpikir secara sistem adalah berpikir runtut, sehingga melalui langkah-langkah yang jelas dan pasti memungkinkan hasil yang diperoleh akan maksimal. Sebab melalui langkah yang sisematis kita dituntut untuk melakukan proses pembelajaran setahap demi setahap dari seluruh rangkaian kegiatan, sehingga kemungkinan kegagalan dapat dihindari. Dengan demikian, pendekatan sistem juga dapat menghindari kegiatan-kegiatan yan tidak perlu dilakukan.

Ketiga, pendekatan sistem dapat merancang pembelajaran dengan mengoptimalkan segala potensi dan sumber daya yang tersedia. Sistem dirancang agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Dengan demikian, berpikir secara sistematis adalah berpikir bagaimana agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai oleh siswa. Demi ketercapaian tujuan pembelajaran dalam kerangka sistem itulah setiap guru berusaha memanfaatkan seluruh potensi yang relevan dan tersedia.

Keempat, pendekatan sistem dapat memberikan umpan balik. Melalui proses umpan balik dalam pendekatan sistem, dapat diketahui apakah tujuan itu telah berhasil dicapai atau belum. Hal ini sangat penting sebab mencapai tujuan merupakan tujuan utama dalam berpikir sistematik. Misalnya, manakal berdasarkan umpan balik diketahui tujuan tidak berhasil dicapai, komponen mana yang perlu diperbaiki, dan komponen mana yang perlu dipertahankan? Apakah setiap komponen harus dilakukan penyesuaian atau hanya komponen tertentu saja? Bagaimana kadar perbaikan setiap komponen tersebut? Semuai itu dapat diperoleh dari hasil kajian umpan balik.

Manfaat Pendekatan Sistem Dalam Pembelajaran Manfaat Pendekatan Sistem Dalam Pembelajaran Reviewed by Amer Syarifuddin on Senin, Maret 28, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar