Cara Share Hotspot (WIFI) Dengan Menggunakan CMD

Baik sobat Sang Musafir, sudah lama ini admin tidak posting artikel di tempat nongkrong ini (blog). Kali ini admin akan memberikan tips atau cara untuk share wifi dari laptop sobat semua, tanpa perlu untuk download software tambahan yang sering digunakan oleh kebanyakan orang, seperti dengan menggunakan Baidu, Conectify, Marify, mHostpot, dsb.
Namun pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial mengenai cara untuk share wifi dengan menggunakan CMD (Command Prompt).

Langsung saja untuk tutorialnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Cara yang pertama, bukalah CMD (Command Prompt) dengan cara klik kiri pada Button Windows >> All Program >> Accessories >> Klik Kanan pada CMD dan pilih Run As Administrator.
*Ingat bahwa haru masuk ke CMD dengan cara Run as administrator.
2. Kedua, silahkan untuk mengecek apakah laptop sobat dapat dijadikan sebagai hotspot atau tidak. dengan cara ketikkan kode dibawah ini pada CMD yang telah sobat buka dengan cara Run as administrator tersebut.
- Ketik code pada CMD: netsh wlan show driver



- Jika muncul banyak tulisan, cari “HOSTED NETWORK SUPPORTED : Yes”
jika yes, berarti laptop anda bisa untuk di jadikan sebagai hotspot.



3. Langkah selanjutnya adalah membuat identitas hotspot atau wifi yang kita share, dengan cara ketik atau copy paste code dibawah ini pada CMD yang telah dibuka dengan cara Run as administrator tersebut.
– Copy paste pada cmd :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Admin key=12345678
 Keterangan: untuk "ssid=Admin" tersebut adalah nama hotspot atau nama identitas yang akan kamu gunakan untuk share wifi. Sedangkan untuk "Key=12345678" merupakan pasword wifi yang kamu share.
*Perlu diingat bahwa jumlah dalam memberikan pasword pada hotspot yang sobat buwt min 8 digit.

5. Setelah membuat identitas hotspot yang sobat, maka selanjutnya adalah mengaktifkan hotspot sobat, dengan cara copy paste code di bawah ini pada CMD yang telah sobat buka dengan cara Run as administrator.
- Copy paste pada CMD: netsh wlan start hostednetwork



6. Langkah terakhir adalah mengatur settingan jaringan komputer sobat dengan cara:
Silahkan klik kanan pada icon internet/wifi yg berada di sebelah bawah pojok kanan,
kemudian pilih “Open Network and Sharing Center”





Pada internet yg sedang aktif, contoh yg aktif UNDIKSHA-GKU-2, klik 2x pada tulisan warna biru “Wireless Network Connection)”,
klik Properties >> klik tab Sharing >> centang pada “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection”,



Pada “Home networking connection:” pilih nama koneksi yang akan di bagi internetnya, contoh nama koneksinya : Wireless Network Connection 2 >> klik OK



Maka hotspot yang telah sobat buat sudah bisa digunakan di perangkat lain. semoga tutorial share wifi ini bisa membantu sobat dan temen-temen sobat apabila laptopnya tidak bisa sambung ke wifi utama.


---SELAMAT MENCOBA---
Cara Share Hotspot (WIFI) Dengan Menggunakan CMD Cara Share Hotspot (WIFI) Dengan Menggunakan CMD Reviewed by Amer Syarifuddin on Jumat, Juni 05, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD