10 Tips Memanfaatkan Sosial Media Untuk Bisnis
Hampir setiap orang yang mengenal
dunia internet pasti memiliki akun pada media sosial seperti twitter, facebook, Google +, Instagram ,
dan lain-lain, atau paling tidak mereka pasti memiliki akun di salah
satu media sosial tersebut. Pada awalnya media sosial dibuat untuk
kegiatan bersosial secara online, dan ternyata saat ini media sosial
sangat efektif digunakan sebagai media promosi bisnis. Jika saat ini
Anda memiliki sebuah bisnis dan tidak dipromosikan secara online maka
Anda sudah sangat ketinggalan dengan pesaing yang menggunakan media
sosial.
Kegiatan di media sosial bisa memberikan
banyak manfaat bagi sebuah bisnis lokal yang mencakup meningkatkan
brand bisnis dan juga memperkuat SEO dari website bisnis tersebut. Saya
tidak mengatakan bahwa dengan memiliki akun media sosial akan otomatis
meningkatkan penjualan bisnis Anda, tapi dengan kehadiran bisnis Anda di
dunia maya tentunya akan membuatnya menjadi lebih dikenal oleh orang
banyak. Dan tentu saja orang-orang yang berada dalam network Anda akan
menghubungi Anda bila mereka membutuhkan produk atau jasa yang
ditawarkan oleh bisnis Anda. Mereka seperti sudah memiliki ikatan dengan
Anda secara tidak langsung.
Kegiatan sebuah bisnis di media sosial
tidak hanya tentang promosi saja tapi lebih dari itu. Kita bisa menjadi
seseorang yang hanya berorientasi pada uang dan keuntungan jangka pendek
atau berorientasi pada keuntungan dalam hubungan jangka panjang dengan
orang-orang yang terhubung di media sosial, itu pilihan masing-masing.
Namun, jika kita bicara tentang bisnis tentunya kita ingin yang jangka
panjang dong heheheh.
Berikut ini adalah 10 tips dalam bersosial media untuk bisnis:
Yang pertama, pastinya bisnis Anda harus
memiliki akun media sosial yang populer saat ini, contohnya seperti
Facebook, Twitter, Google plus, dll.
1. Pastikan pelanggan Anda dapat menandai “Check-in” ketika mereka berada
pada tempat usaha Anda. Fasilitas ini sudah disediakan oleh Facebook
dan sangat cocok untuk bisnis seperti cafe, bar, atau
restaurant. Tentunya Anda harus memanfaatkan fasilitas ini pada Facebook
Page bisnis Anda agar bisnis Anda semakin dikenal banyak orang.
2. Daftarkan juga bisnis Anda pada Foursquare (https://id.foursquare.com/)
karena website ini bisa membantu Anda dalam mengakses nama-nama orang
yang sudah “check-in” pada bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa
mengetahui beberapa kebiasaan mereka sebagai pelanggan dan bisa membantu
Anda menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap bisnis Anda.
3. Persiapkan bisnis Anda dengan fitur terbaru yaitu Facebook Graph Search
dimana orang bisa menemukan semua bisnis lokal sesuai dengan yang mereka
sukai. Fitur ini sebenarnya belum bisa digunakan semua akun Facebook –
terbatas pada akun tertentu – tapi cepat atau lambat tentu bisnis Anda
bisa menggunakannya.
4. Aktif dalam kegiatan bersosial di Twitter.
Posting kegiatan bisnis Anda di twitter secara rutin, misalnya;
pelanggan yang datang ke bisnis Anda, event yang Anda lakukan, promosi
produk, dan lain-lain. Kita juga bisa berpromosi dengan memberikan
insentif atau voucher diskon pada followers yang bersedia men-tweet atau
memposting di Facebook tentang bisnis kita. Dengan begitu teman-teman
atau followers mereka juga akan mengenal bisnis Anda.
5. Buat akun Anda di LinkedIn.com.
Profile Anda di LinkedIn akan sangat mempengaruhi bisnis Anda karena
mesin pencari seperti Google.com me-ranking profil LinkedIn lebih tinggi
dibanding dengan media sosial lainnya, termasuk Facebook. Pastikan Anda
memiliki akun di LinkedIn dan tetap uptodate di media sosial itu,
jangan lupa agar terhubung pada bisnis lain yang sejenis dengan industri
bisnis Anda.
6. YouTube
adalah salah satu media sosial yang sangat direkomendasikan untuk
meningkatkan brand bisnis di internet. Situs milik Google ini juga bisa
dikatakan sebagai mesin pencari terbesar ke-2 setelah Google. Buatlah
video tentang bisnis Anda se-kreatif mungkin agar disukai banyak orang,
lalu upload video itu ke YouTube. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan
insentif pada pelanggan Anda bila mereka bersedia membuat video mengenai
pengalaman mereka di bisnis Anda dan meng-upload nya ke channel
YoutTube Anda.
7. Daftarkan bisnis Anda di Yelp.com.
Situs ini menggabungkan ulasan tentang bisnis dengan fitur media sosial
yang besar. Orang-orang di Amerika biasanya akan mengunjungi situs ini
ketika mereka sedang mencari informasi atau ulasan orang lain tentang
sebuah toko, restaurant, dokter gigi, dan bisnis lainnya. Anda perlu
melacak percakapan di Yelp tentang bisnis Anda, dan memastikan
pengunjung di masa yang akan datang menyukai apa yang mereka baca.
8. Mengatur jadwal pertemuan Anda,
lokakarya dan pertemuan informal lainnya yang masih terkait dengan
bisnis Anda. Lalu Anda mempromosikan kegiatan Anda tersebut di media
sosial seperti Facebook, Twitter, dan platform lainnya. Orang-orang akan
senang untuk menghadiri kegiatan yang Anda buat jika mereka merasa bisa
mendapatkan informasi, nilai tambah, akses, diskon atau jaringan.
9. Gambar adalah sesuatu yang sangat
penting karena gambar bisa mewakili banyak kata. Pastikan Anda untuk
memposting gambar-gambar kegiatan yang berhubungan dengan bisnis Anda ke
Twitter, Facebook, dan juga blog Anda. Jangan lupa untuk mengambil
semua foto yang berhubungan dengan brand bisnis Anda, lalu upload ke
dalam website Anda. Ada baiknya Anda juga mengambil foto pelangggan atau
staff Anda dan memposting ke Instagram
dan Facebook, lalu menandai orang yang ada di dalam foto tersebut,
dengan begitu mereka juga akan mau membagikan foto-foto bisnis Anda ke
teman-teman mereka.
10. Posting artikel tentang kegiatan
bisnis Anda di dalam blog. Postingan tidak hanya berisi tentang bisnis
Anda, tetapi lebih pada pengalaman Anda, event yang Anda lakukan, berita
dan informasi yang berhubungan dengan topik bisnis Anda. Fokuslah pada
konten yang kaya akan informasi dan mengoptimalkan judul postingan dan
tags dalam setiap postingan yang Anda buat, hal ini penting untuk SEO.
Jangan lupa untuk memberikan link keluar dan juga link masuk dari blog
Anda untuk membangun arus lalu lintas yang lebih besar, baik secara
langsung maupun tidak langsung ke website bisnis Anda.
10 Tips Memanfaatkan Sosial Media Untuk Bisnis
Reviewed by Amer Syarifuddin
on
Rabu, Maret 04, 2015
Rating:
Post a Comment