Perencanaan Pembelajaran: Program Tahunan

Program tahunan merupakan sebuah rencana penetapan alokasi waktu yang akan digunakan untuk mencapai suatu tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan.

Mengapa kita perlu menentukan alokasi waktu? Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Sering guru mengeluh karena materi pelajaran yang akan disampaikan tidak sesuai dengan alokasi waktu pembelajaran yang tersedia. Artinya, materi pelajaran atau jumlah kompetensi dasar yang harus dicapai terlalu banyak, tidak sesuai dengan jumlah jam pelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Akibatnya, pada setiap akhir pelajaran menjelang UTS (ujian tengah semester) atau UAS (ujian akhir semester) guru menjadi terlihat kalang kabut dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga dengan demikian mau tidak mau guru harus ngebut dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Kondisi yang sedemikian tentu saja tidak menguntungkan bahkan membuat suatu kerugian terutama bagi para siswa, sebab pada akhirnya guru akan mengorbankan kualitas pembelajaran. Hal yang sudah menjadi kebiasaan lama, tidak sedikit guru yang memiliki paradigma berfikir bahwa keberhasilan dalam mengajar hanya ditentukan oleh sejauh mana materi telah tersampaikan, tanpa harus memikirkan apakah materi yang telah disampaikan kepada siswa tersebut sudah benar-benar dapat difahami atau hanya sedikit yang dapat difahami atau bahkan tidak sama sekali difahami materi tersebut oleh siswa. Akibatnya, ketika siswa gagal menguasai materi pelajaran dengan nilai ujian yang diperoleh rendah, yang disalahkan adalah siswa itu sendiri, atau karena materi yang disampaikan kebetulan memang sulit untuk difahami. Yang lebih banyak bahwa Guru berdalih “semua materi telah disampaikan….” Maka dari itu, melalui penetapan alokasi waktu, kemungkinan kecil hal yang demikian akan terjadi, sebab guru dapat mengestimasi antara jumlah kompetensi dasar atau jumlah materi yang harus dikuasai dengan waktu yang tersedia.

Dalam program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai, hal demikian disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar.

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam mengembangkan program tahunan adalah:

- Perhatikan berapa alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dalam struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah. 

- Analisis berapa minggu efektif dalam setiap semester, seperti yang telah ditetapkan dalam gambaran alokasi waktu efektif. Melalui analisis tersebut, maka kita dapat menentukan berapa minggu yang tersedia untuk pelaksanaan proses pembelajaran Penentuan alokasi waktu didasarkan keada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang dikuasai oleh siswa. 



Perhatikan gambar seperti berikut ini:

Perencanaan Pembelajaran: Program Tahunan Perencanaan Pembelajaran: Program Tahunan Reviewed by Amer Syarifuddin on Rabu, September 23, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD